Misteri kampus Universitas Indonesia

Misteri kampus Universitas Indonesia

Misteri kampus Universitas Indonesia

Kumpulan Cerita Seram – Misteri kampus Universitas Indonesia (UI) sudah tersohor kemana-mana. Sayangnya, banyak cerita menyeramkan di kampus UI yang hanya imajinasi belaka. Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tempat-tempat angker di Universitas Indonesia berdasarkan pengalaman yang saya tahu dan dari narasumber yang bisa dipercaya. Ada banyak tempat-tempat angker di Kampus UI, khususnya di kampus UI Depok. Keangkeran tempat-tempat tersebut sangat terkait erat asal-usul wilayah yang dijadikan lahan kampus UI Depok sekarang. Tidak hanya asal-usul kampus UI, keangkeran tersebut juga muncul karena adanya rekaman peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di sekitar kampus UI. Berikut tempat-tempat angker di kampus UI berdasarkan penelusuran penulis :

1. Menara Air

Menara Air. Lokasi menara air terletak di sisi kiri Jalan Prof. Dr. Syarif Thajeb, tengah-tengah kampus UI. Tempat ini merupakan sarana penampungan air untuk konsumsi air di wilayah kampus UI. Keangkeran tempat ini sudah santer ke mana-mana. Banyak orang yang telah membuktikan keangkerannya. Fenomena kemunculan penampakan makhluk halus kerap terjadi di lokasi ini. Menurut Pak Edi, orang yang biasa melewati lokasi ini, menuturkan bahwa kawannya pernah punya pengalaman didorong oleh makhluk halus ketika melewati lokasi ini. Temannya terpental dan jatuh dari engine. Kebetulan kejadian tersebut terjadi pada malam hari tanpa ada satu quip orang di sekitarnya. Banyak orang yang meyakini bahwa terdapat kerajaan gaib yang kasat mata di lokasi ini. Sebelum kampus UI di bangun, lokasi menara air merupakan tempat pemakaman orang-orang Cina dari wilayah Pondok Cina, sisi timur kampus UI. Terdapat beberapa makam yang akhirnya dipindahkan dari tempat ini. Selain itu, letaknya yang di sekitar hutan dan danau menambah emanation mistik tempat ini.

2. Pusgiwa

Pusgiwa atau Pusat Kegiatan Mahasiswa konon juga merupakan tempat yang angker. Ikhda Mursalina, salah seorang teman penulis pernah mengalami pengalaman misteri di tempat itu. Kejadiannya sekitar bulan Oktober 2012. Saat itu kebetulan ia menjadi salah satu panitia medis suatu acara yang diadakan di Pusgiwa. Kegiatan tersebut berlangsung malam hari. Saat ia sedang menjaga peserta yang sakit, ia melihat sesosok pocong yang berdiri di protect sepeda kuning depan pusgiwa. Ia yang berada di dalam salah satu ruangan, langsung terperanjak dan membuang muka. Ia menjelaskan bahwa sosok yang dilihatnya itu benar-benar pocong dengan wajah yang sangat menyeramkan.

3. Parkiran Stadion UI

Parkiran Stadion UI. Keangkeran parkiran stadion UI dituturkan oleh seorang satpam yang bertugas di Pusgiwa. Saat itu kebetulan saya sedang menjalankan suatu kepanitiaan dan harus berunding dengan satpam gara-gara masalah lokasi jelajah malam yang hendak saya jalankan itu. Satpam menolak lokasi pos sekitar parkiran stadion UI. Alasan ia menolak cukup sederhana. Menurutnya, di lokasi parkiran stadion UI itu angker. Belum lama ini, ada orang yang kesurupan di lokasi tersebut. Saya akhirnya menuruti sarannya karena tidak mau mengambil risiko jika tetap memaksakan pelaksanaan acara di tempat itu. Lokasi parkiran memang terkesan angker pada malam hari. Meskipun pada siang hari pohon-pohon besar di lokasi itu memberi kesan teduh, namun pada malam hari pohon-pohon besar berubah jadi menyeramkan seakan dihuni oleh berbagai makhluk gaib. Kadang-kadang kita bisa menemui orang yang pacaran di sekitar sini, andai mereka tahu seramnya tempat itu, mungkin tak akan berani berbuat macam-macam.

4. Gedung VI FIB UI

Gedung VI FIB UI. Gedung VI dipercaya angker oleh banyak orang. Memang jika dilihat secara kasat mata, tak ada yang istimewa dari gedung ini. Bahkan, gedung ini sama sekali tak memiliki kesan angker. Namun, berbeda dengan apa yang dituturkan oleh satpam di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ini. Ia pernah mengalami kejadian aneh di lokasi ini. Katanya, pada suatu malam ia pernah melihat meja-meja bergerak sendiri saat mengintip bagian dalam ruangan dari pintu kaca gedung ini. Sejak saat itu, satpam kerap enggan berlama-lama ketika berkeliling jaga malam di sekitar gedung ini. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, penulis tidak pernah mengalami kejadian aneh di gedung ini meskipun kerap latihan teater hingga tengah malam.

5. Ruang Gamelan

Ruang Gamelan. Ruang gamelan yang berada di gedung IX FIB-UI juga cukup angker. Kali ini cerita dituturkan oleh pak Edi, seorang penjaga ruang gamelan. Ia menjelaskan bahwa pada waktu-waktu tertentu, gong yang terdapat di ruangan ini kerap berbunyi sendiri. Tidak jelas siapa yang memulkulnya. Ia bercerita panjang lebar tentang kejadian-kejadian aneh lainnya. Pada sekitar tahun 2011, gamelan di sini sedang menjalani compositions perawatan. Beberapa orang menginap di tempat ini. Pada saat itu ada salah seorang tukang pelaras gamelan yang melihat penampakan wanita yang duduk di sudut ruang ini. Sosok tersebut cukup menakutkan hingga membuatnya tidak bisa tidur. Ruang gamelan turut berhubungan dengan ruang backstage hall. Konon, lokasi tersebut dihuni oleh nenek yang sering menampakan diri. Belum lama ini usut punya usut ada salah seorang mahasiswa yang terjatuh dari atas langit-langit assembly room ketika hendak memasang pennant. Ia sempat di rawat di rumah sakit karena perkara itu. Menurut penuturan beberapa orang, ia melihat sosok wanita tua yang membuatnya kaget hingga akhirnya terjatuh sekitar 7 meter.

6. Jembatan Penyeberangan

Jembatan Penyebrangan di Gerbang Utama. Lokasi ini terletak di dekat pintu utama kampus UI. Jembatan penyebrangan ini menghubungkan sisi kampus dengan sisi sebrangnya yang melintas di atas jalan raya Depok-Pasar Minggu dan rel kereta Jakarta-Bogor. Keangkeran lokasi ini hingga sempat membuatnya masuk di acara Mister Tukul Jalan-jalan di Trans 7. Keangkeran tempat ini dipaparkan oleh salah seorang tukang ojek yang biasa mangkal di bawah jembatan. Menurutnya, diatas jembatan itu kerap muncul penampakan makhluk gaib pada tengah malam. Dalam acara Mister Tukul Jalan-jalan, dijelaskan pula bahwa keangkeran tempat itu disebabkan sering terjadinya peristiwa kecelakaan di sekitar perlintasan kereta itu. Faktanya, memang sudah berkali-kali terjadi kecelakaan di lokasi itu. Nah, rekaman peristiwa-peristiwa kecelakaan itulah yang membuat tempat ini jadi angker.

7. Asrama Gedung C

Asrama Gedung C. Banyak pengalaman misterius yang terjadi di ruang kamar asrama lantai dasar gedung C. Berdasarkan pengalaman Zenny Rahmawati salah seorang mahasiswa yang pernah menghuni ruangan di gedung C membenarkan keangkeran lokasi ini. Ia menceritakan berbagai pengalaman misterius yang pernah terjadi di Gedung C lantai dasar. Yang withering menarik adalah cerita salah satu tetangga kamarnya yang pernah menjerit-jerit pada suatu malam. Tetangganya saat itu pulang malam, dan ketika tiba di kamar ia melihat sesosok pocong yang tidur di atas kasurnya. Bahkan, yang lebih mengherankan, kasur tempak kemunculan sosok pocong itu berbekas noda seperti basah dan tidak hilang hingga beberapa waktu. Sejak saat itu Zenny dan para penghuni Gedung C lantai dasar dipindahkan. Rupanya, pengelola asrama tidak mau mengambil resiko serupa. Kejadian semacam itu menurutnya bukan sekali dua kali terjadi, tetapi sering. Hal itu kemungkinan terjadi karena lokasi gedung C yang tidak jauh dari pemakaman. Kini, di lantai dasar gedung C tersebut masih dikosongkan. Masih banyak cerita keangkeran asrama UI.

Itulah beberapa tempat angker yang ada di wilayah kampus UI Depok. Masih banyak tempat lain yang juga angker di kampus UI. Anda boleh percaya atau tidak, namun peristiwa-peristiwa yang memperkuat keangkeran tempat itu benarlah adanya. Kalau masih penasaran, Anda bisa buktikan sendiri kebenarannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s